Senin, 06 Januari 2020

KKN 13 "PROGRAM MENGAJAR DI SDN GILI ANYAR DENGAN BANTUAN MEDIA MONOPOLI"



Pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi antara guru dan siswa yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidikan sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyaji ide, gagasan dan materi pendidikan serta siswa itu sendiri. Pendidikan di sekolah dapat terlaksana melalui kegiatan belajar mengajar.

Program mengajar SD dijalankan dengan harapan mengubah image  pendidikan di Madura menjadi lebih baik. Sedangkan kita ketahui bahwasannya image pendidikan di pulau garam masih tergolong buruk. Untuk dapat mengubah image tersebut dibutuhkan usaha yang lebih. Pepatah lama mengatakan bahwa mahasiswa adalah Agent Of Change, untuk itu kami hadir dengan segala usaha serta kemampuan untuk mengubah image masyarakat tersebut. Hal ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar mampu menarik minat dan perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok KKN 13 bertempat di SDN Gili Anyar dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan, yaitu permainan Monopoli. Permainan ini dibuat agar siswa lebih cepat dalam memahami materi pembelajaran matematika yaitu bangun datar. Sebelum permainan dimulai kami kelompok KKN 13 bertindak sebagai guru membentuk kelompok belajar dan menyampaikan prosedur serta peraturan dalam kegiatan tersebut, kemudian mensimulasikan kegiatan pembelajaran.  

Dengan adanya program kerja ini mengajar berbasis monopoli ini, mahasiswa KKN 13 berharap dapat memberikan inovasi baru terhadap guru pengajar di SDN Gili Anyar dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Selain itu siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, serta aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.






0 comments:

Posting Komentar