Minggu, 15 Januari 2023

Program Mengajar di SDN Gili Anyar dengan Media Video Animasi dan Topi Papua

 


Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan anak yang berusia 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya. Disekolah dasar inilah siswa dituntut untuk menguasai kesemua bidang studi, bagaimana cara menyelesaikan masalah. Akan tetapi, pembelajaran tidak hanya dilakukan di sekolah saja, diluar sekolahpun sama saja itu merupakan suatu pembelajaran.



Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok KKN 3 bertempat di SDN Gili Anyar dimulai dengan penjelasan materi mengenai “Keberagaman Budaya di Indonesia” dengan media video animasi. Video animasi digunakan agar siswa dapat lebih tertarik dan cepat memahami materi yang dijelaskan. Materi yang disampaikan meliputi pakaian adat, rumah adat, tarian tradisional, alat musik tradisional, kesenian daerah, permainan tradisional, dan agama beserta rumah ibadah yang ada di Indonesia.



Kegiatan pembelajaran berikutnya adalah membuat topi papua. Siswa SDN Gili Anyar diberikan bahan-bahan untuk membuat topi papua yang telah disiapkan oleh anggota kelompok KKN 3. Kemudian anggota kelompok KKN 3, menjelaskan setiap langka pembuatan topi papua, dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat topi papua.  Kegiatan membuat topi papua ini, dilakukan dengan tujuan untuk melatih motorik siswa, dan memperkenalkan topi papua yang merupakan pakaian adat papua. Setelah topi papua selesai dibuat, siswa menari diiringi dengan lagu rakyat suku papua, yaitu Yamko Rambe Yamko.


Dengan adanya program kerja mengajar dengan media pembelajaran ini, mahasiswa KKN 3 berharap dapat memberikan inovasi baru terhadap guru pengajar di SDN Gili Anyar dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Selain itu siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, serta aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

0 comments:

Posting Komentar