Kamis, 19 Desember 2019

KKN 13 "FORUM GROUP DISCUSSION KKN 13 DENGAN OPD DESA GILI ANYAR KAMAL”




Forum Group Discussion atau lebih sering dikenal dengan singkatan FGD merupakan kegiatan suatu kelompok untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Melalui kegiatan FGD dapat menjalin keterbukaan, kepercayaan dan memahamai persepsi serta pengalaman yang disampaikan masing-masing pihak. Pada tanggal 18 Desember 2019 kami Kelompok KKN 13 Universitas Trunojoyo Madura melaksanakan kegiatan FGD bersama OPD desa Gili Anyar Kamal, khususnya Bapak Masdalih, SH selaku Kepala Desa. Kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan memperkenalkan program kerja KKN 13 selama mengabdi di Desa Gili Anyar sekaligus memperkenalkan diri seluruh anggota kelompok KKN 13 agar dapat senantiasa menjaga tali silaturrahmi.

Beberapa program kerja yang akan kami laksanakan selama mengabdi di Desa Gili Anyar Kamal, Bangkalan antara lain:

  1. Pelatihan pembuatan Nugget Lele. Lele yang merupakan salah satu potensi terbesar yang ada di Desa Gili Anyar. Setelah panen lele, biasanya langsung dijual ke pengepul oleh petani lele. Untuk memberikan alternatif hasil panen lele KKN 13 mengadakan pelatihan pembuatan Nugget Lele agar dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK untuk mengembangkan perekonomian desa.
  2. Pelatihan pembuatan Alat Pakan Lele Otomatis. Seperti yang digambarkan sebelumnya bahwasannya lele merupakan potensi terbesar yang ada di Desa Gili Anyar karena sebagian masyarakat bekerja sebagai petani lele. Dalam kegiatan ini kami memberikan kemudahan bagi petani lele dalam pemberian pakan lele. Selain itu dengan adanya alat yang kami rencanakan dapat memberikan waktu luang kepada petani lele.
  3. Penanaman bibit hortikultura. Desa Gili Anyar merupakan desa yang sebagian besar masyarakatnya bekerja dibidang pertanian. Salah satu hasil tani paling besar yaitu padi dan jagung. Kegiatan penanaman bibit hortikultura bertujuan dapat memberikan alternatif penanaman jenis tanaman baru selain padi dan jagung.
  4. Mengajar SD. Tujuan kegiatan ini yaitu dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman belajar yang inovatif dengan menggunakan tema Kurikulum 13.
  5. Senam minggu ceria. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yaitu dengan melakukan aktivitas seperti senam aerobik. Tujuan pelaksanaan senam ini yaitu sebagai sarana untuk turut serta dalam meningkatkan kebugaran masyarakat desa, menyediakan hiburan yang murah meriah melalui senam ceria, serta menghindarkan masyarakat dari kekurangan aktivitas gerak.
  6. Lomba Ceria merupakan salah satu program kerja yang melibatkan masyarakat Desa Gili Anyar mulai dari anak-anak, dewasa, tua bahkan lansia. Kegiatan lomba ceria yang ditawarkan meliputi lomba nyo’on geddheng, memasukkan botol ke dalam paku dan memecahkan balon.

0 comments:

Posting Komentar